Jumat, 19 Agustus 2011

Orientasi Pengenalan Kampus

OSPEK atau Orientasi Pengenalan Kampus yang akan dilaksanakan Universitas Kuningan bertujuan untuk mengurus persyaratan administrasi para calon mahasiswa baru. Tujuan OSPEK sangat tergantung kepada panitia pelaksananya. OSPEK merupakan wahana bagi mahasiswa baru untuk mengenal dan melakukan proses adaptasi sosial dengan lingkungan baru dan pengenalan berbagai persoalan yang berkaitan dengan proses pembelajaran di perguruan tinggi. Sebagaimana tujuan OSPEK adalah membekali mahasiswa baru agar mengenal dan mengetahui lingkungan pembelajaran di perguruan tinggi serta memahami proses penyelenggaraan pendidikan di perguruan tinggi yakni proses menyeluruh yang menyangkut studi, peraturan peraturan dalam menempuh studi, serta berorganisasi dan berinteraksi dengan lingkungan. Dengan demikian OSPEK merupakan salah satu upaya untuk membekali mahasiswa baru sebelum menempuh proses perkuliahan. OSPEK mempunyai peran yang sangat penting bagi penyiapan proses perkuliahan yang sesungguhnya di pendidikan tinggi.
Akan tetapi setiap tahun manfaat yang dirasakan dari kegiatan OSPEK ini sendiri kadang sangat memberatkan mahasiswa baru karena banyaknya penyalahgunaan yang dilalukan para panitia pelaksana yang tidak bertanggung jawab. Contuhnya OSPEK yang akan dilaksanakan oleh Universitas kuningan pada tanggal 22 Agustus hingga 24 Agustus.Persyaratan yang memberatkan OSPEK UNIKU salah satunya adalah :
1. Jadwal Kegiatan yang dimulai pukul 05.00 Pagi WIB.
2. Para Mahasiswa baru ditunjang untuk membawa alat-alat tidak penting dalam kegiatan OSPEK tsb.
3. Perlengkapan yang dibawa mahasiswa baru  adalah :
a. Indomi Goreng
b. Kurma
c. Apel
d. Nutrisari
e. Kratingdeng
Perlengkapan Kelompok :
a. Tepung Bogasari
b. Susu Bendera
c. Jeniper
Perlengkapan diatas adalah salah satu persyaratan yang memberatkan mahasiswa dalam melaksanakan kegiatan ospek yang positif, karena tidak semua mahasiswa mampu memenuhi persyaratan tsb, dikarnakan kurang mampu, dll.

Tidak ada komentar: